Senin, 28 November 2011

NIKAH = JANJI / KOMITMEN

Banyak sekali pada saat ini pernikahan/ bahtera rumah tangga yang kandas di tengah jalan. Dan kalau kita perhatikan di acara TV [insert, kiss,dsb] menceritakn tentang selebritis2 kita yang bercerai & awal tahun2009 ini saja sudah beberapa artis&aktor yang diberitakan sudah menggugat cerai pasangan hidupnya. Mengapa ini bisa terjadi …?????
Ketika kita masih pacaran sepertinya hidup ini hanya milik kita berdua, waktu sepertinya cepat sekali berlalu & inginnya selalu bertemu…
Btw setelah kita menikah …, mulai kita merasakan apakah ini benar pasangan hidup kita yang SESUNGGUHNYA…? Pernikahan bagai bumerang bagi diri kita sendiri…. mengapa?
1. Karena banyak sekali orang yang mempunyai mind set … “NIKAH = KONTRAK”
Kontrak bisa diperpanjang apabila OK or diputuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya apabila ke dua belah pihak merasa tidak sesuai lagi.
Kalau kita perhatikan “NIKAH = Janji kepada ALLAH” . Sebelum kita menikah …kerap kali para calon pasangan & keluarga sibuk menyiapkan untuk acara pernikahan dari catering, tempat, tamu, dsb. Mereka melupakan acara utamanya yaitu Pemberkatan pernikahan / Akad nikah dimana mereka berdua berJANJI di hadapan ALLAH untuk hidup berpasangan dengan penuh kasih, membentuk keluarga kudus Allah di bumi ini. JANJI tidak mungkin di putuskan…Janji harus ditepati.
2. Pernikahan bukan untuk membuat kita menjadi sama, karena kita terdiri dari karakter, pribadi, adat istiadat yang berbeda… Tapi bertujuan untuk menyatukan kita dimana masing2 mempunyai kekurangan dan kelebihan yang akan disatukan untuk mewujudkan Gambar Allah yang hidup di bumi ini. Wanita melambangkan perasaan Allah yang penuh kasih, lembut & mau memaafkan sedang kan pria melambangkan citra Allah yang bertanggung jawab kepada keluarganya.
3. Berusaha untuk saling memahami pasangan kita, bukan untuk minta dipahami…Dengan kita memahami pasangan, kita bisa lebih memberikan kasih yang tulus tanpa pamrih / hitung2 an seperti kasih Allah .IA selalu memancarkan sinar matahari, udara yang cerah kepada semua orang tanpa membeda-bedakan…
4. Berkomunikasi. Karena banyaknya kesibukan , kita sering melupakan komunikasi dengan pasangan. Biasanya karena kurangnya komunikasi, biasanya kita mencari orang ke tiga [teman lawan jenis] yang mula2 nya hanya curhat, lama2 jadi dekat, lekat & akhirnya nekat…lupa kalau kita sudah memiliki keluarga…yang akhirnya timbul PIL/WIL. Luangkan waktu kita walaupun kita berjauhan dengan SMS kata2 yang mesra, kecupan kasih sayang ketika suami akan berangkat kerja.
5. Luangkan waktu anda ber dua. Seperti ketika kita pacaran dahulu, sering berjalan berdua sambil bergandengan tangan dan saling duduk berpandangan, toh… tidak ada salahnya kita gunakan waktu itu kembali dengan selalu bernostalgia bersama…
Apa yang disatukan Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar